TEKNOLOGI INFORMASI BERPERAN DALAM RESTRUKTURISASI TERHADAP PERAN MANUSIA 
( PENYULUHAN PERTANIAN)


A.    Pengertian

Teknologi berasal dari bahasa Latin, texere, yang berarti 'membangun' dan perkembangannya memerlukan waktu yang panjang. Teknologi biasanya memiliki dua aspek, yaitu aspek perangkat keras (objek, materi, dan sifatnya), dan aspek perangkat lunak (dasar informasi untuk perangkat keras). Baik perangkat keras maupun perangkat lunak, sangat berguna dalam pengoperasian komputer. Namun, teknologi lebih dominan pada perangkat keras. 
         Sementara itu, teknologi informasi adalah pemprosesan, pengolahan, dan penyebaran data yang didapat dari mengkombinasikan alat pengakat komputer dengan telekomunikasi. Oleh karena itu, teknologi informasi lebih merupakan pengerjaan terhadap data.
        Informasi berkaitan erat dengan komunikasi sehingga teknologi informasi juga berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi. Pada dasarnya, teknologi informasi dan komunikasi memiliki definisi yang sama. Teknologi komunikasi berarti semua bentuk teknologi informasi yang mendukung semua proses komunikasi.
         Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kebutuhan manusia akan informasi. Melalui perangkat teknologi, seperti radio, televisi, komputer dengan jaringan internet, dan telepon seluler, arus informasi berkembang pesat. Kita tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi.
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi benar-benar telah diakui dan dirasakan manfaatnya. Berbagai kemajuan teknologi informasi memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia.
Bagaimana tidak, banyaknya masyarakat yang haus akan informasi sekaligus berperan sebagai pengguna teknologi informasi dan komunikasi, membuktikan bahwa kehidupan yang mereka jalani tidak pernah lepas dari peran teknologi informasi.
     Kita yang hidup pada jaman ini tentu tidak asing lagi dengan istilah teknologi informasi dan telekomunikasi. Seperti kita tahu istilah teknologi informasi dan telekomunikasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Teknologi informasi dan komunikasi sering didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).


B.   Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi

Pendapat ahli tentang peran penting teknologi dalam bidang pendidikan, bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi (Tony Bates, 1995). Sedangkan Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time)”. Hal itu dapat kita simpulkan bahwa pada era sekarang ini teknologi memiliki peran yang vital dalam kehidupan, kemudian kecepatan suatu informasi adalah sangat penting artinya dalam bidang pendidikan, bahkan pada bidang lain. Kecepatan informasi sudah barang tentu didukung oleh peningkatan kualitas teknologi informasi dan sekaligus pengoperasiannya oleh manusia itu sendiri.
       Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk beradaptasi serta menggunakannya dalam aktivitasnya. Beberapa penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi antara lain dapat kita kelompokkan dalam bidang-bidang sebagai berikut:

1    1)  Dalam Pemerintahan

Efektifitas dalam pelayanan publik oleh pemerintah mengharuskan pemerintah mengambil langkah-langkah dan kebijakan untuk makin meningkatkan kualitas pelayanannya. Efisiensi waktu dan biaya menyebabkan pihak pemerintah merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahan dalam berbagai bidang sekarang ini telah banyak dikenal, misalkan dengan istilah E-Governance yang dilakukan untuk mendukung program Good Governance atau pemerintahan yang baik.

2    2)  Dalam Bisnis dan Perusahaan

Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Selain itu Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

      3) Dalam Dunia Perbankan

Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

       4) Dalam Dunia Pendidikan

Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

       5) Dalam Dunia Kesehatan

           Dalam bidang kesehatan, peranan teknologi informasi misalnya dapat kita temukan pada sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Contoh lain diantaranya yaitu digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien, dan contoh-contoh lain.

 6) Kaitan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyuluhan

            Saat ini teknologi informasi dan komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas urgen bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan yang mana memberikan andil besar terhadap perubahan –perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi,pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) baik pria maupun wanita dalam bidang teknologi informasi, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK.
            Seperti sudah kita lihat diatas, bahwa peranan teknologi informasi telah menjadi sangat penting artinya bagi kita. Penyuluh sebagai salah satu elemen penting dalam kehidupan juga ikut memiliki peran dalam dunia teknologi dan komunikasi, entah itu sebagai pengguna maupun lebih jauh lagi sebagai pengembang. Seiring dengan perkembangan jaman peran penyuluh dalam kehidupan semakin kompleks dan penting. Namun kini pada perkembangannya penyuluh telah muncul menjadi sosok penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya kepada masyarakat.
            Peran penyuluh dalam kehidupan yang makin kompleks tersebut sudah barang tentu harus diikuti pula dengan kemampuannya untuk beradaptasi dengan kebutuhannya, diantaranya yaitu kemampuan untuk menggunakan berbagai perangkat teknologi informasi. Keberadaan seorang penyuluh jika kita lihat peranannya dalam masyarakat juga telah ikut mendorong pengembangan teknologi informasi.
            Ketika seorang penyuluh akan mengenal dunia luar, dan dengan teknologi yang makin canggih dia akan mampu mengetahui hal yang lebih banyak, disinilah dia dapat berperan dalam pemberian informasi bagi sasarannya.
           Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan masyarakat tidak sebatas sebagai pengguna maupun sebagai obyek dari pengembangan teknologi, namun lebih dari itu penyuluh telah berkembang menjadi subyek dari perkembangan teknologi informasi. Sebut saja sekarang ini telah banyak calon – calon penyuluh yang mahir menggunakan perangkat teknologi informasi dalam pekerjaannya, misal sebagai pengguna (user) komputer dan gadget canggih lainnya. Itu adalah sedikit contoh dan bukti bahwa peran teknologi informasi sangatlah penting dalam kehidupan manusia.

C. Masalah Dan Hambatan Dalam Penggunaan Teknologi Informasi

              Seperti teknologi lain, teknologi informasi juga hadir dengan berbagai permasalahannya, tidak luput pula bagi kehidupan manusia. Selain membawa banyak potensi manfaat, kehadiran teknologi informasi juga dapat membawa masalah, misalnya pada internet maupun jejaring social lainnya.
            Maraknya penyebaran informasi yang tidak mungkin terkendalikan telah membuka akses terhadap informasi yang tidak bermanfaat dan merusak moral, hal ini seringkali diakibatkan penyalahgunaan teknologi informasi tersebut misalkan pada promosi online dengan obyek gambar dan video seorang wanita sexy sebagai penarik kunjungan ke suatu situs internet.
           Masalah lain yang muncul dari media internet adalah bahwa hal itu dapat merusak moral, dimana sekarang ini internet telah menjadi komoditas yang dapat diakses oleh orang dari berbagai golongan dan oleh kalangan semua umur (baik dewasa maupun anak-anak) maka hal-hal negatif seperti yang dikatakan diatas dapat mudah saja diakses oleh mereka yang belum seharusnya mengaksesnya.
             Selain contoh masalah diatas, perkembangan teknologi informasi bagi penyuluh juga masih memiliki beberapa hambatan atau kendala, diantaranya yaitu adanya kecenderungan dimana penyuluh belum dapat benar – benar menekuni pekerjaan yang didominasinya, misal dalam pekerjaan yang melibatkan teknologi informasi dalam relevansinya. Hal itu tidak semata-mata dipengaruhi oleh keterbatasan SDM dan kemampuan tinggi dalam bidang tersebut, namun karena keterbatasan alat maupun materi pendukung lainnya.

D. Kesimpulan dan Saran


         Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan dalam kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Penyuluh sebagai element penting dalam pemberdayaan masyarakat memiliki tugas penting dalam kehidupan, selain peranannya dalam hal tekhnis juga harus aktif dalam kehidupan sosial. Kehidupan sosial manusia khususnya bagi seorang penyuluh sekarang ini tidak dapat lepas dari yang namanya teknologi informasi.
         Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia. Salah satu media yang saat ini menjadi penting untuk diketahui dalam tiap-tiap kalangan adalah bidang teknologi informasi. Setiap manusia sesuai perkembangan zaman sudah seharusnya melek teknologi, selain penting bagi dirinya sendiri hal itu juga akan penting bagi kemajuan dan peningkatan pengetahuan orang lain, dimana perkembangan dunia dalam berbagai bidang tersebut akan sangat efektif diikuti dengan mengandalkan perkembangan teknologi informasi, disinilah salah satu peran penyuluh untuk mengenalkan dunia teknologi informasi bagi masyarakat sasarannya.
          Sebagai saran marilah kita berusaha untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi khususnya yang bermanfaat bagi pengetahuan banyak orang. Disisi lain, sebagai seorang penyuluh maupun fasilitator kita juga harus mampu menjadi filter atau penyaring informasi yang baik, serta jeli melihat mana yang baik untuk kita dan masyarakat sasaran sekaligus menghindarkan dari hal-hal buruk efek teknologi informasi yang dapat merusak mental maupun spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar